Wamendagri Lantik 8 Anggota Majelis Rakyat Papua Kantor Gubernur Provinsi Papua

Written on 12/06/2023


JAYAPURA- Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, S.H., M.H resmi melantik 8 anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) dengan masa jabatan 2023-2028 yang bertempat di lantai 9 kantor Gubernur Provinsi Papua, Selasa (5/12/2023).

Diketahui 8 anggota MRP Provinsi Papua yang dilantik antara lain Yullyus Bidana, Pdt Wakius Biniluk, Daud Wenda, Benny Sweny, Yoel Luiz Mulait, Saiful Islam Al Payage (Pokja Agama), Orpa Nari (Pokja Perempuan), dan Robert Dieudonne Wanggai (Pokja Adat).

John Wetipo dalam sambutannya, berpesan sekaligus mengucapkan selamat kepada anggota MRP yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan baik sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya atas nama pemerintah serta secara pribadi mengucapkan selamat kepada 8 orang anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua yang baru saja sama-sama telah kita saksikan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janjinya. Semoga saudara dapat mengemban tugas selama 5 tahun kedepan”. Ujarnya.



Majelis Rakyat Papua (MRP) merupakan lembaga yang dibentuk sebagai representasi kultural Orang Asli Papua yang memiliki kewenangan tertentu dalam rangka perlindungan hak-hak asli orang Papua, dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan, dan pemantapan kehidupan beragama.

“MRP mempunyai peran strategis dalam memperjuangkan dan perlindungan Orang Asli Papua. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan penguatan peran MRP dalam kehidupan sosial kemasyarakatan serta penyelenggaraan pemerintahan menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan untuk menuju kepada era kesejahteraan” ucap John Wetipo.

John Wetipo juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Pj. Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun beserta jajarannya serta Panitia Pemilihan di tingkat Provinsi dan Kabupaten, masyarakat adat, masyarakat perempuan, masyarakat agama, dan semua pihak yang terlibat dalam proses pemilihan keanggotaan MRP atas kinerja dan komitmennya sehingga keanggotaan MRP Provinsi Papua Masa Jabatan Tahun 2023-2028 berjumlah lengkap, sehingga dalam menjalankan amanat kedepannya dapat optimal dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya Orang Asli Papua.