Pelantikan KPAD: Komisioner dan Sekretariat Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Papua Masa Bhakti 2023-2028

Written on 12/18/2023


JAYAPURA- Komisi Perlindungan Anak mengadakan Pelantikan Komisioner dan Sekretariat Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Papua masa bhakti 2023-2028 bertempat di lantai 9 kantor Gubernur Provinsi Papua. Acara ini dihadiri oleh Pj Sekda Papua Y Derek Hegemur, SH., MH yang mewakili Pj Gubernur Provinsi Papua M Ridwan Rumasukun, S.E., M.M, Kepala Bappeda, Yohanes Walilo, S.Sos., M.Si dan Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua Elpius Hugi, S.Pd., M.A. Senin (18/12/2023).

 




Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun diwakili Pj Sekda Papua Y Derek Hegemur resmi melantik Komisioner dan Sekretariat Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Papua masa bhakti 2023-2028 diantaranya Johana Toumahuw Itlay, SE., MM, dr. Guy Yana Emma Come, MPH, Dra. Wasti Wabiser., MM, Erwin Siahaya, SE., M.Si, Dr, Nur Asmarani, SH., MH, Ferry T. Mallisa, S.Sos., MM, dan Pdt. Ishak P, Nussy, M.Th.



Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj Sekda Papua Derek Hegemur mewakili Pj Gubernur Provinsi Papua M. Ridwan Rumasukun mengatakan bahwa KPAD Provinsi Papua memiliki beberapa tugas antara lain, Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan anak dan pemenuhan hak anak di Provinsi Papua; Memberikan masukan dan usulan kepada Gubernur dalam rangka perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan perlindungan anak; Mengumpulkan data dan informasi mengenai perlindungan anak di Provinsi Papua; Menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan masyarakat mengenai pelanggaran hak anak; Melakukan mediasi atas sengketa pelanggaran hak anak; Melakukan kerjasama dengan lembaga yang dibentuk masyarakat di Bidang Perlindungan Anak serta memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap undang-undang perlindungan anak dan memperbaiki kebijakan pemimpin pada anak di Indonesia.

Sehubungan dengan itu, diharapkan perhatian pemerintah Provinsi Papua tertuju pada tugas-tugas Komisi Perlindungan Anak dan diharapkan semua pihak yang terkait dapat memberikan kontribusi untuk menyelesaikan hak ataupun masalah-masalah anak di Provinsi Papua. Pj Gubernur Ridwan Rumasukun melalui Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi Perlindungan Anak yang telah bekerja di kepengurusan yang lama dengan sangat baik.

Diakhir sambutannya, Derek Hegemur mengatakan atas nama pemerintah Provinsi Papua kepada kita semua untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya diakhir tahun 2023. Sekaligus mengucapkan selamat merayakan Natal dan menyongsong Tahun Baru bagi kita semua. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kerja kita, kerja cerdas kita untuk kemajuan bangsa dan negara kita teristimewa di Papua khususnya perlindungan anak di Provinsi Papua.